Susah Tidur Nyenyak Saat Hamil

Susah Tidur Nyenyak Saat Hamil

Di masa kehamilan, tidak sedikit dari ibu hamil kerap merasakan kesulitan tidur karena merasa tidak ketidaknyamanan. Sulit untuk tidur dengan nyenyak dan kesulitan mencari posisi tidur merupakan beberapa masalah yang kerap dirasakan.

Namun, kondisi ini sangat wajar terjadi pada ibu hamil karena kondisi perut yang semakin besar membuat posisi tidur menjadi serba salah. Namun, disini Anda harus tetap menjaga kualitas tidur untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Untuk itu, Anda harus tetap mengusahakan mendapatkan tidur yang cukup.

Nah, untuk memenuhi waktu tidur ini, ada beberapa tips yang bisa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur agar tidak terganggu bagi ibu hamil. Berikut dari berbagai sumber beberapa tips untuk mendapatkan tidur nyenyak saat hamil.

Tidur Miring ke Sisi Kiri

Tidur dengan posisi miring ke kanan bisa meningkatkan tekanan pada organ hati yang terletak di sisi perut kanan. Oleh karena itu, posisi tidur menghadap ke kiri jauh lebih baik.

Tidur miring ke posisi kiri akan membuat suplai oksigen dan nutrisi dari ibu ke bayi menjadi lebih lancar. Posisi ini sudah terbukti dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan dan tungkai kaki, serta tangan.

Bahkan, bila melakukan posisi ini sambil menekuk lutut sedikit, kamu akan merasa lebih rileks. Namun, apabila kamu merasa pegal akibat miring ke posisi kiri dalam waktu lama, kamu dapat mengubah posisi dengan memiringkan tubuh ke sebelah kanan untuk sementara waktu.

Tidur Telentang

Pada kehamilan di trimester pertama, ketika ukuran rahim belum terlalu besar, kamu dapat memilih posisi telentang saat tidur. Selain lebih nyaman dan leluasa, posisi ini juga bisa membantu mencegah keluhan heartburn saat kehamilan.

Namun, sejalan dengan usia kehamilan dan ukuran rahim yang semakin besar, posisi telentang perlu dihindari. Hal ini dikarenakan posisi tidur telentang saat hamil bisa membuat rahim menekan pembuluh darah besar yang berada di belakang organ tersebut.

Selain itu, posisi tidur telentang saat hamil juga bisa menekan tulang belakang dan otot punggung, sehingga dapat menyebabkan pegal-pegal dan mengganggu suplai darah ke janin yang ada di dalam kandungan.

Menerapkan Sleep Hygiene Setiap Harinya

Tips tidur nyenyak ibu hamil selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memperhatikan sleep hygiene. Sleep gygiene sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengusahakan tidur dan bangun setiap harinya dalam waktu yang sama.

Misalnya saja Anda harus tidur pukul 22.00 dan bangun pukul 06.00. Nah, Anda bisa melakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selain itu Pemilihan Bantal khusus ibu hamil memang penting karena untuk menjaga posisi tidur tetap aman dan nyaman .

Bantal Khusus Ibu Hamil

SATUKUPU Jogja produsen berbagai bantal yang berkualitas yang beralamat di jogjakarta. termasuk Bantal Khusus Ibu Hamil dengan berbagai motif dan ukuran bisa menyesuaikan pengguna bantal.

Kunjungi workshop kami yang beralamat di Corongan 10 maguwoharjo – Depok – Sleman Jogjakarta.

website : satukupu.co.id

facebook : satukupu

Istagram @satukupu_jogja

Tinggalkan Balasan

Quick Navigations
×
×

Cart