Cara Mengatasi Salah Bantal Yang Efektif

Saat anda bangun tidur dan merasakan sakit di leher, pasti ada langsung berpikiran anda mengalami salah bantal saat tidur. Kondisi salah bantal ini juga membuat anda tidak bisa menggerakan leher kekanan dan kekiri. Leher serasa kaku dan sakit untuk untuk menoleh.  Salah bantal biasanya dalam dunia medis disebut Muscle strain, yakni otot yang tegang atau otot yang tertarik akibat kelelahan atau salah penggunaan / salah posisi ketika melakukan gerakan leher.

Penggunaan bantal atau posisi tidur yang kurang tepat akan mempengaruhi otot shingga aliran darah yang kurang lancer di bagian leher bisa  mengakibatkan Muscle Strain atau tegang di bagian leher. Biasanya sakit ini bisa hilang sendiri , namun apabila sangat mengganggu sekali bisa di coba beberapa tips.

  1. Kompres Es Batu

Salah satu cara mengatasi salah bantal yang pertama kali dapat kamu lakukan adalah dengan mengompres menggunakan es batu. Hal ini akan mengurangi pembengkakan (jika ada) dan mengurangi rasa nyeri. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membalut es batu dengan kain atau handuk, lalu kompres seperti biasa di leher selama 20 menit

  1. Gunakan Bantal yang Tepat

Kamu perlu menggunakan bantal dengan posisi yang tepat, yakni nggak terlalu tinggi ataupun rendah. Pastikan bantal dapat menjaga posisi kepalamu terhadap poros sumbu tulang belakang nggak miring.

2. Peregangan Otot

Ketika kamu mengalami salah bantal, lakukan peregangan otot dengan melakukan gerakan ke arah berlawanan. Otot yang memendek akan tertarik kembali ke fungsi memanjang saat relaksasi. Namun, cara mengatasi salah bantal yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati agar nggak merusak otot.

3. Jangan Memutar Kepala atau Membunyikan Leher

Cara mengatasi salah bantal ini telah menjadi kebiasaan orang-orang ketika mengalaminya. Padahal, cara ini nggak direkomendasikan karena dapat menimbulkan cedera pada otot dan saraf yang terdapat di leher. Jadi, pastikan kamu menghindari cara ini, ya.

4. Pijat

Salah satu cara mengatasi salah bantal yang paling efektif. Rasa nyeri dan otot yang tegang dapat diatasi dengan pijat. Namun, pastikan proses pemijatan dilakukan dengan teknik yang benar dan dilakukan dengan lembut, ya.

Tinggalkan Balasan

Quick Navigations
×
×

Cart